Rabu, 20 Agustus 2014

AGRIBISNIS

AGRIBISNIS

Mungkin anda bertanya tanya kenapa saya memposting tentang agribisnis, ya jawaban anda tepat sekali saya melanjutkan pendidikan saya di Universitas Muhammadiyah Malag pada jurusan agribisnis disini saya akan membagi bagi informasi kepada teman teman tentang agribisnis.

Jurusan Agribisnis diarahkan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang agribisnis dan entrepreunership.  Mahasiswa dibentuk untuk  memiliki kemandirian, kemampuan manajerial, analisis, membaca peluang usaha, kepekaan sosial dan menemukan solusi tepat terhadap persoalan aktual, sejak industri hulu (sarana produksi pertanian; produksi/farm) sampai industri hilir (industri pengolahan, pemasaran), sehingga mampu menciptakan lapangan kerja bidang agribisnis. Jurusan ini didukung sarana prasarana, antara lain, Laboratorium Agribisnis, plaza pertanian dan University  Farm, sebagai wahana pembelajaran aplikasi program analisis bisnis, manajemen produksi, marketing  entrepreunership, komunikasi bisnis dan pemberdayaan masyarkat, termasuk PKL dan magang kerja di dunia usaha dan industri.
Alumni Agrobisnis bekerja di berbagai bidang. Selain bekerja sebagai enterpreneur, juga bisa bekerja di bidang perbankan, industri makanan dan minuman, industri saran produksi, konsultan bidang usaha yang bersifat publik atau bisnis  dalam lingkup pertania dalam arti luas, perusahaan (pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan), lembaga riset bisni, assesor/ evaluator, pelaku usaha bidang agribisnis maupun bidang lain yang relevan

Laboratorium Agribisnis
Laboratorium Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang diresmikan pada tahun 2000 dengan tugas utama  :
  1. Sebagai sarana praktikum mahasiswa dalam praktikum lapang seperti praktikum penyuluhan dan komunikasi pertanian, usaha tani, pemasaran, ekonomi pertanian, sosiologi pedesaan, dan lain-lain.
  2. Mengkoordinasi kegiatan praktikum mahasiswa Jurusan Agribisnis yang dilaksanakan di Laboratorium lain (lab. Komputasi, lab. Kimia, lab. Biologi dll)
  3. Sebagai wahana penelitian dosen
  4. Melembagakan seminar dan forum diskusi pada para mahasiswa dan dosen.
Kegiatan Praktikum di Laboratorium Agribisnis diharapkan dapat mengasah kemampuan mahasiswa untuk memadukan teori yang diperoleh dengan fenomena yang ditemui di lapang.  Adapun bentuk kegiatan praktikum tersebut adalah :
  1. Praktikum lapang berupa pengambilan data di lapang untuk diolah, dianalisis dan dibuat kesimpulan dan implikasi/saran yang sekiranya bisa dimanfaatkan pihak petani atau otoritas setempat.
  2. Field Trip atau kunjungan lapang ke perusahaan-perusahaan pengelola agribisnis.
  3. Diskusi atau Seminar berbagai topik actual pada bidang agribisnis.
  4. Forum kajian dan pelatihan mahasiswa dengan berbagai minat, misalnya minat pemberdayaan masyarakat.
  5. Praktikum komputasi dengan beberapa program analisis statistik, seperti SPSS, Microstat, POM, dan lain-lain.

Dari  kegiatan  praktikum  yang  telah  dilaksanakan  maka  didapatkan  hasil  sebagai berikut  :
  1. Data base desa-desa di Kabupaten Malang yang meliputi  data potensi desa, usaha tani, penyuluhan pertanian, aktivitas produksi dan pemasaran produk pertanian, dan kondisi sosiologi masyarakat pedesaan.
  2. Kumpulan paper hasil kajian sosiologi pembangunan dan kebudayaan.
Sebagai sarana komunikasi ilmiah di lingkungan peminat/pemerhati/peneliti agribisnis maka direncanakan mulai tahun 2002 akan diterbitkan secara berkala publikasi ilmiah yang berupa “Kajian Agribisnis” yang merupakan kumpulan paper dan abstrak skripsi mahasiswa yang terbaik.  Buletin tersebut merupakan media dokumentasi hasil pemikiran ilmiah para mahasiswa Agribisnis yang rencananya akan disebarkan ke PTN/PTS yang mempunyai Jurusan Agribisnis/Sosial Ekonomi Pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar